Senin, 16 Juli 2012

mengenal buah naga

Buah Naga adalah buah dari sejenis pokok kaktus. Ia ditanam secara komersial di Vietnam dan Australia, walaupun ia berasal dari Amerika Selatan. Buah naga yang matang adalah seberat lebih kurang 400 gram tetapi ada juga yang membesar sehingga lebih satu kilogram!

Isi buah naga berwarna putih, merah, atau ungu dengan taburan biji-biji yang berwarna hitam yang boleh dimakan. Tekstur isinya adalah seperti isi tembikai, manakala rasanya pula adalah seperti buah kiwi. Ciri-ciri unik inilah yang menjadikan buah naga amat sesuai dijadikan ramuan dalam salad buah-buahan.

 Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah jadi mencolok sekali di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Thang loy orang Vietnam ini kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga). Adapun macam-macam buah naga yang memiliki banyak jenis dan khasiat dan manfaat buah naga.
Macam-macam buah naga dan khasiatnya :
  • Hylocereus undatus, yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih.
  • Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah
  • Selenicereus megalanthus dengan kulit buah kuning dan daging buah putih
  • Hylocereus costaricensis, buah naga daging super merah

Bagaimana? Mungkin anda sudah mendapat sedikit gambaran tentang buah naga. Berlanjut dengan khasiat buah naga yang mengandung Vit C, beta karoten, kalsium dalam jumlah yang cukup banyak dan mengandung karbohidrat untuk menjaga dan menambah daya tahan tubuh agar tetap fit dan menjalani hari hari anda dengan lancar.
 Selain itu manfaat buah naga mempunyai serat yang sangat tinggi yang berguna untuk mengikat zat karsinogen penyebab terjadinya kanker dan melancarkan proses percernaan, zat-zat ini mentralkan racun dalam tubuh yang bisa berbahaya bagi tubuh bila terlalu banyak racun. Meningkatkan daya penglihatan dan mencegah hiprtensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar