Jumat, 27 Juli 2012

Tips sehat saat berpuasa

Saat berpuasa yang penting diperhatikan  pola makan dan pola tidur, karena saat kita berpuasa tubuh kita selama 14 jam tidak dimasuki makanan atau minuman. Ada beberapa tips dari About agar kita sehat saat berpuasa.
1.Peran makan sahur sangat penting , karena mempengaruhi kerja tubuh. Makanlah yang mengandung karbohidrat komplek seperti singkong, jagung oatmeal atau nasi merah , karena bisa menahan kenyang labih lama. juga makan buah dan minum air putih secukupnya.
2.Kurangi makanan berminyak , karena akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga sirkulasi darah tidak lancar dan menyebabkan mengantuk pada siang hari.
3.Batasi aktifitas fisik agar tidak lelah.
4. Berbuka puasa secukupnya dahulu, jangan langsung makan banyak . diusahakan makan secara bertahap .
5.Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak.
6. Saat makan malam jangan terlalu banyak untuk mencegah obesitas.Hindari minuman bersoda atau kopi karena bisa menimbun lemak dan susah tidur, minuman tersebut bisa anda ganti dengan jus buah agar lebih sehat.
7. Lakukan olah raga ringan pada malam hari , seperti jalan kaki ringan selama 15 atau 20 menit.
8.Mengantuk selama puasa bukan karena tidak makan atau minum , tetapi karena porsi tidur kita memang berkurang. Maka pada malam hari jangan begadang jika tidak penting.
9.Luangkan waktu 20 atau 30 menit pada siang hari untuk tidur yang singkat tapi berkualitas sehingga bisa membantu memulihkan energi anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar