Senin, 01 Oktober 2012

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan.

 Banyak sekali tumbuhan disekitar kita yang mengandung manfaat untuk tubuh khususnya tntuk kesehatan dan kecantikan, seperti sebelumnya pernah saya bahas Kali ini akan mebahas mengenai khasiat serta Manfaat Daun Sirih. apa saja manfaatnya? silahkan disimak selengkapnya.


Sirih merupakan tanaman  yang hanya tumbuh di iklim tropis, memiliki daun berwarna hijau serta batang bulat hijau keunguan tidak berbunga. Permukaan daun yang mengkilap serta bertangkai membentung jantung dengan bagian atas meruncing.


Nenek moyang kita percaya bahwa daun sirih memiliki manfaat bagi tubuh, dan ternyata benar pelitian akhir akhri ini oleh medis membuktikan bahwa Daun sirih memiliki banyak sekali manfaatnya terutama daun sirih merah.

Berbagai kandungan yang terdapat dalam Daun sirih diantaranya minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. selain untuk kesehatan kandungan aktif fenol dan kavikol yang terdapat dalam kandung sirih bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Berikut adalah beberapa Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan, silahkan disimak.


Manfaat Daun Sirih :

1. Untuk Mengobati Mimisan
Mimisan pasti sangat menganggu, apalagi ini terjadi disaat yang penting, tapi tenang dengan daun sirih bisa mengatasi mimiasan caranya Keluarkan minyak daun sirih dengan cara menggulungnya, setelah itu masukkan ke hidung. hal ini bisa menyumbat darah yang keluar akibat mimisan.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Bau mulut akan menurunkan kepercayaan diri anda dan semua orang pasti tidak ingin memiliki bau mulut untuk menghilangkan bau mulut dengan daun sirih caranya siapkan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan hal ini selama 2-3 kali sehari. namun kebanyakan orang tidak suka dengan aroma daun sirih, solusinya anda bisa menggunakan rebusan air daun sirih untuk berkumur.

3. Sebagai Obat Batuk
untuk memanfaatkan daun sirih sebagai obat batuk Siapkan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci bahan bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.

4. Mengobati Keputihan
Kali ini tips untuk para wanita yang mengalami keputihan apakah anda termasuk didalamnya?, jika iya maka caranya adalah Rebuslah 7 sampai 10 lembar daun sirih dengan 2,5 liter air dan tunggu sampai mendidih. Kemudian setelah air hangat, gunakan untuk membasuh dan membersihkan daerah intim anda secara berulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar